Tuesday 15 January 2013

Macam Macam Hardware



1. Motherboard
Motherboard alias mainboard alias system board, ketiganya mengacu pada satu barang yang sama, yakni sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (prosesor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi, prot IDE. 

a. Sejarah dan Perkembangan Motherboard
Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Tampilannya sangat ruwet.
Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard/mainboard.
Pada pengembangan awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan. Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalammoterboard mendorong pencitraan motherboard kedalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot kibor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard. Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.
Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX. Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 2000-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

b. Tipe Tipe Motherboard
·         Socket A, Motherboard Socket A dirancang untuk digunakan dengan sistem CPU AMD Duron, Sempron dan Athlon.
·         Socket 370, Motherboard socket 370 adalah jenis motherboard yang biasa digunakan oleh Intel.
·         Socket 478, Motherboard Soket 478 memiliki lubang pin 478 untuk koneksi CPU. Motherboard digunakan oleh Intel dengan perusahaan Pentium 4 dan Celeron prosesor. Koneksi ini memiliki batas beban berat sekitar 100 pon berat statis.
·         Socket LGA 775, Motherboard  Socket LGA 775 digunakan oleh Intel untuk prosesor Pentium dan Celeron.

c. Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard sebagai tempat untuk meletakkan komponen – komponen komputer serta mengatur kerja dari semua komponen – komponen yang terpasang pada motherboard itu senditi. diantaranya mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. semua lalu lintas data juga diatur oleh motherboard, mulai dari alat peyimpanan data seperti harddisk dan CD-ROM, input (keyboard, mouse, scanner), serta output (printer).
d. Komponen Komponen Motherboard
1). Chipset
Komponen pada motherboard yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, Northbrigde dan Southbrigde. 
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.
2). Slot AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu graphis ke CPU tanpa harus melalui memory utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat di

percepat.
3. Socket Memory
Socket ini merupakan tempat untuk menempatkan memory pada motherboard. Socket memory memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memory yang berbeda pula.
4Socket Processor
Socket ini merupakan tempat untuk menaruh processor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem socket yaitu sistem slot.
5. CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (Intergrated Cirkuit) yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat menyimpan settingannya selama baterai yang mendaianya masih bagus.
6. Port Peranti Eksternal
Biasanya berada di posisi belakang motherboard. Fungsinya adalah sebagai sarana untuk memberi masukan (input) dan keluaran (output) pada sistem komputer.
7. Socket Catu Daya (Power Supply,Fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yangtersambung pada motherboard.


2. Monitor
a.     Sejarah
sejarah monitor dimulai dengan adanya VDT ( the video display terminal ) berupa layar yang tergabung dengan keyboard dan dihubungkan dengan komputer , biasa disebut dengan dumb terminal . layar hanya menampilkan dua warna saja , yaitu hitam dan hijau . apple komputer salah satu produsen komputer yang memakai televisiCRT untuk produknya apple II sebagai monitornya .

b.     Fungsi
Untuk mengubah sinyal elektronik berupa gambar dari PC atau laptop yang berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang kemudian melalui beberapa proses sampai akhirnya ditampilkan di layar monitor yang dapat kita lihat.

c.      Type Monitor
·         monitor CRT , CGA , VGA
·         XGA , UXGA , LCD , LED   
                                                                        
 3. Keyboard
a. Sejarah
 Keyboard ditemukan pada tahun 1864 dan kemudian rancangannya dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Keyboard mulai dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington dan digunakan pertama kali pada komputer pada tahun 1964. Keyboard yang kita kenal saat ini memiliki nama resmi Qwerty yang diambil dari enam huruf pertama pada home row. Home row adalah istilah untuk deretan kedua alfabet keyboard. Di deretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik. Penciptaan keyboard sangat berpengaruh dari penciptaan mesin ketik. Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, tetapi akibatnya para pengguna justru dapat mengetik dengan kecepatan tinggi. Hal ini membuat pengait- pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut. Akhirnya Sholes menemukan cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mengacak letak tombol-tombol alfabet pada mesin ketik seperti sekarang ini. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik dan sampai ke komputer, urutan acak alfabet tetap digunakan.
Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa yang sudah ketikkan. Selain itu, setiap karakter yang kita ketikkan langsung kita lihat pada kertas, berbeda dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau mengubah bentuk tulisan dan memperbaiki kesalahan ketikan. Sudah tentu mengapa hasil output keyboard lebih baik dari pada mesin ketik.
b. Fungsi
Untuk memasukkan angka , huruf , dan beberapa tombol fungsi pada keyboard yang membantu program di komputer saat seseorang sedang mengoperasikan sebuah aplikasi program komputer.
c. Macam Macam Keyboard
·         Digital Keyboard, Workstation Keyboard, Accompaniment Keyboard

4. Mouse
a. Sejarah
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
b. Fungsi
untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item. 
c. Type Mouse
1. Mouse mekanis, mouse mekanis menggunakan sejenis bola karet sebagai sensor penggeraknya, cara kerjanya yaitu dengan mendeteksi gerakan bola keatas dan kebawah dan menyentuh sensor x dan y.
2. Mouse optical, mouse optical memanfaatkan sensor cahaya untuk mengendalikan pergerakannya. Mouse jenis ini lebih leluasa dan praktis dalam menggunakannya.
3. Mouse wireless, mouse wireless tidak menggunakan kabel untuk menyalurkannya ke computer. Mouse jenis ini menggunakan teknologi Bluetooth maupun frekuensi radio sebagai media penyalurannya dengan computer. Sedangkan cara kerjanya mirip dengan mouse optical.

5. Speaker
a.     Sejarah
Thomas Edison telah mengeluarkan paten Inggris selama tahun 1881, untuk sistem menggunakan kompresi udara sebagai mekanisme untuk memperkuat phonographs awal silinder, tetapi ia akhirnya menetap untuk tanduk logam akrab didorong oleh membran melekat pada stylus.
Harold Arnold sekitar tahun 1925 memulai program di Bell Labs untuk meningkatkan rekaman suara Phonographic. Prioritas pertama adalah penguat elektronik menggunakan tabung vakum yang baru, kedua adalah mikrofon, dan ketiga loudspeaker yang akan meningkatkan unit angker seimbang dikembangkan untuk alamat publik.
Bell Laboratories pada tahun 1931 mengembangkan dua cara pengeras suara, yang disebut rentang dibagi untuk demonstrasi oleh H. A. Frederick dari catatan secara vertikal dipotong. Frekuensi tinggi digantikan oleh sebuah tanduk kecil dengan respon frekuensi 3000 sampai 13.000 Hz, dan frekuensi rendah oleh 12 Unit radiator kerucut inci dinamis langsung dengan respon frekuensi dalam 5dB dari 50 sampai 10.000 hz.
b.      Fungsi
Mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.
c.      Jenis Jenis Speaker
·         Speaker Dual Cone
·        Speaker Coaxial ( Terpusat )
·        Speaker Split ( Terpisah ) atau Speaker Component
6. Harddisk
a. Sejarah
Harddisk Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits atau 5.000.000 bits dan berukuran 24 INCH dan menggunakkan single head dalam pengaksessaanya.
Pada tahun 1961 IBM menciptakan HDD dengan menggunakkan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya. Yang disebut juga Disk Storage Unit Control System Meganical International System. Dan HDD pertama yang dapat removable ( dapat dicopot atau dipasang lagi ) adalah IBM 1311, yang menggunakan IBM 1316 untuk menyimpan 2 juta karakter.
Di tahun 1973, IBM mengenalkan IBM 3340, yang merupakkan HDD pertama yang menggunakan sistem disk “ Whincester “, yang pertama menggunakan sealed head/disk assembly ( HDA ). Teknologi ini didesign oleh Kenneth Haughton.
Sebelum tahun 1980-an, kebanyakkan HDD berurukuran 8 INCH atau 14 INCH, sehingga membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan HDD tersebut. Sampai pada tahun 1980, ketika Seagate teknologi mengenalakan ST-506 yang merupakan HDD pertama yang berukuran 5,25 inch dengan kapasitas 5 megabites.
b. Fungsi
Sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.
c. Type Harddisk
·         Advanced Technology Attachment (ATA).
·         Serial-ATA (SATA)
·         Small Computer System Interface (SCSI)
·         Serial Attached SCSI (SAS)
d. Kapasitas : 80 GB, 160 GB, 250 Gb, 500 GB dan 1 TB.

7. Proyektor
a. Sejarah
 Pada awal 1980-an, tren dimulai, terutama di Amerika Serikat, di mana PC yang digunakan untuk membuat presentasi pada pertemuan atau acara-acara serupa lainnya di tempat OHP konvensional (overhead projector). This trend led to a rise in the demand for projectors that could easily connect to a PC and project images straight from the PC to a screen. Tren ini menyebabkan kenaikan dalam permintaan untuk proyektor yang dapat dengan mudah terhubung ke PC gambar dan proyek langsung dari PC ke layar.In respond to this growing trend, Epson, too, began a program to develop projectors. Dalam menanggapi hal ini tren yang sedang berkembang, Epson, juga memulai program untuk mengembangkan proyektor. In 1989, Epson launched the VPJ-700, its milestone first projector. Pada tahun 1989, Epson meluncurkan VPJ-700, tonggak nya proyektor pertama. Bolstered by subsequent advances in presentation software, the ELP-3000, which was released in 1994, became a tremendous hit, laying the foundations for Epson's present projector business, and at the same time, playing a leading role in expanding the global projector market. Didukung oleh kemajuan berikutnya dalam perangkat lunak presentasi, ELP-3000, yang dirilis pada tahun 1994, menjadi hit besar, meletakkan dasar bagi bisnis saat proyektor Epson, dan pada saat yang sama, memainkan peran utama dalam memperluas pasar proyektor global. Pada tahun 2006, Epson merilis EMP-6100, sebuah proyektor debu-bukti yang menanggapi kebutuhan pasar Cina, yang berkembang pada kecepatan yang fenomenal. In 2010, production on a commercial scale was begun on the EB-450Wi, a wall-mounted ultra-short throw projector with greatly improved ease of handling and equipped with an interactive whiteboard, making it ideal for education environments. Pada tahun 2010, produksi pada skala komersial dimulai pada EB-450Wi, dinding-mount ultra-pendek membuang proyektor dengan mudah sangat meningkat penanganan dan dilengkapi dengan papan tulis interaktif, sehingga ideal untuk lingkungan pendidikan. Epson is constantly undertaking the development of new technologies so it can continue to satisfy the demands of the customers. Epson terus melakukan pengembangan teknologi baru sehingga dapat terus memenuhi tuntutan pelanggan.
b. Fungsi
 Sebuah proyektor menciptakan gambar video dan memproyeksikannya ke permukaan apapun.
c. Jenis Jenis Proyektor
·         Proyektor Digital       
·         Proyektor LCD
·         Proyektor CRT
·         Proyektor DLP
8. Printer
a. Sejarah
Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.
Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.
b. Fungsi
Untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.
c. Type Printer
·         Printer Jenis  InkJet
·         Printer Jenis Laser Jet
·         Printer Jenis Dot Matrik
9. Microphone
a. Sejarah
 Pada tahun 1876, Emile Berliner menemukan mikrofon pertama digunakan sebagai pemancar suara telepon. At the US Centennial Exposition, Emile Berliner had seen a Bell Company telephone demonstrated and was inspired to find ways to improve the newly invented telephone . Di US Centennial Exposition, Emile Berliner telah melihat Perusahaan telepon Bell menunjukkan dan terinspirasi untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan baru diciptakan telepon . The Bell Telephone Company was impressed with what the inventor came up with and bought Berliner's microphone patent for $50,000. The Bell Telephone Company terkesan dengan apa penemu datang dengan dan membeli paten mikrofon Berliner untuk $ 50.000. In 1878, the carbon microphone was invented by David Edward Hughes , and later developed during the 1920s. Pada tahun 1878, mikrofon karbon diciptakan oleh David Edward Hughes , dan kemudian dikembangkan selama tahun 1920-an. Hughes's microphone was the early model for the various carbon microphones now in use. Mikrofon Hughes adalah model awal untuk berbagai mikrofon karbon sekarang digunakan. With the invention of the radio , new broadcasting microphones were created. Dengan penemuan radio , mikrofon penyiaran baru diciptakan. The ribbon microphone was invented in 1942 for radio broadcasting. Mikrofon pita diciptakan pada tahun 1942 untuk penyiaran radio. In 1964, Bell Laboratories researchers James West and Gerhard Sessler received patent no. Pada tahun 1964, Bell Laboratories peneliti James Barat dan Gerhard Sessler menerima paten no. 3,118,022 for the electroacoustic transducer, an electret microphone. 3.118.022 untuk transduser electroacoustic, mikrofon electret. The electret microphone offered greater reliability, higher precision, lower cost, and a smaller size. Mikrofon electret ditawarkan keandalan yang lebih besar, presisi tinggi, biaya yang lebih rendah, dan ukuran yang lebih kecil. It revolutionized the microphone industry, with almost one billion manufactured each year. Ini merevolusi industri mikrofon, dengan hampir satu miliar diproduksi setiap tahun. During the 1970's, dynamic and condenser mics were developed, allowing for a lower sound level sensitivity and a clearer sound recording. Selama tahun 1970-an, mic dinamis dan kondensor dikembangkan, memungkinkan untuk tingkat sensitivitas suara rendah dan rekaman suara lebih jernih.
b. Fungsi pada Komputer
Untuk mengambil gelombang suara Anda dan menerjemahkannya ke mesin yang tepat untuk dibaca dan mengirimkannya sebagai pulsa elektrik ke unit pengolahan pusat untuk pengolahan

10. Flashdisk
a. Sejarah
Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000
flashdisk mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, dan sekarang sudah mencapai 256 GB.
 Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan. Ada flash drive yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi, dapat disimpan dengan aman di dalam dompet.

b. Fungsi
Secara umum fungsi flashdisk adalah untuk menyimpan atau memindahkan data.

c. Jenis Jenis Flashdisk
·         EASYDISK ALUMINIUM 256 MB USB DRIVE
·         Pen Drive (USB Flash Hard Drive)
·         MCPRO USB 2.0 128 MB
·         USB FLASH DRIVE
·         POCKET FLASH DRIVE
·         GIZMO
·         DISGO
·         USB CARD
·         POWERPLAY PRO
·         MEGA MEMORY WATCH

d. Kapasitas Flashdisk : 1GB, 2GB,4GB,8GB,16GB,32GB,64GB,dll, tergantung dari teknologi memorinya


11. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.
a.   Cara Kerja Power Supply

Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.
Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.


b. Jenis konektor kabel Power Supply
  1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard
  2. Konektor 4 pin peripheral power (untuk periferal seperti Hardisk, CD-ROM, Kipas)
  3. Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
  4. Konektor 6-pin PCIe  (untuk kartu grafis jenis PCIe)
  5. Konektor floppy (untuk floppydisk drive)
  6. Konektor SATA (untuk hardisk / optical drive berjenis sata)



c. Jenis Power Supply

1. Power Supply jenis AT
Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika disatukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komuter, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.
2. Power Supply jenis ATX
Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

d. Fungsi Power Supply
Power supply memiliki fungsi utama yaitu,mengubah listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan komponen pada PC.
12. RAM

a. Sejarah Perkembangan RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar - besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981.
Pada tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yang dinamakan DRAM. DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory.
Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987.
Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis Extended Data Output Dynamic Random Access Memory (EDO DRAM) yang merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen.
Pada peralihan tahun 1996 - 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor.
Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66.
Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory.
Masih dalam tahun yang sama, Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dengan kemampuan yang sama dengan DRDRAM.
Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya.
Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi - jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini.
Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat.
Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU.

b. Jenis Jenis RAM
·         SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) - Type RAM yg dibuat pada tahun 1996.
·         DDR (Double Data Rate) - Type RAM yg merupakan pengembangan lanjut dari teknologi SDRAM. DDR dibuat pada tahun 2000.
·         DDR2 (Double Data Rate Generation 2) - DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi.
·         RDRAM (Rambus Dynamic RAM) - Type RAM yg pertamakali dibuat tahun 1999.

c. Fungsi RAM
RAM komputer ( Random Acces Memory ) adalah memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing.

13. ROM
a.  Perkembangan Teknologi ROM

1. PROM (Programable ROM)
Rom ini memberikan kesempatan bagi pemakai untuk mengubah data yang tersimapan secara default. Sebuah alat yang bernama PROM programmer bertugas “membakar” sel memori yang terdapat dalam chip ini. Dengan arus listrik yang cukup besar,lokasi bit akan terbakar dan menunjukkan sebuah nilai ( 0 atau 1 ). Setelah melalui proses burning-in tersebut, PROM ini tidak dapat lagi diubah-ubah isinya.
2. EPROM (Erasable Programable ROM)
Chip ini adalah perkembangan dari PROM. EPROM ini dapat dihapus isi yang terdahulu dengan menggunakan sinar ultraviolet. Sinar tersebut melewati celah dikumpulan chip. Dengan demikian, muatan yang tersimpan dapat terlepas. Dengan kata lain,EPROM dapat dihapus dengan sinar ultraviolet dan deprogram ulang secara elektrik.
3. EEPROM (Electrically Erasable Programable ROM)
Chip ini tidak jauh berbeda dengan EPROM, tetapi EEPROM datanya dapat dihapus tanpa menggunakan sinar ultraviolet. Cukup menggunakan pulsa listrik ( electrical pulses )
Jenis ROM seperti PROM,EPROM,EEPROM tergolong ke memori stabil, artinya, ketiga jenis memori ROM ini akan tetap menyimpan datanya walaupun ketika tidak dialiri oleh arus listrik.
b. Tipe Tipe ROM
  1. Mask ROM
    Merupakan jenis ROM yang tidak dapat di upgrade atau ditulis ulang.
  2. PROM (Programmable Read Only Memory)
    Jenis ROM ini hanya dapat dibaca datanya.
  3. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
    Informasi ditulis ke dalam chip EPROM setelah diproduksi.
  4. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
    EEPROM biasa juga disebut Flash ROM. Sebuah chip EEPROM dapat dihapus dan ditulis ulang tanpa harus melepaskan chip dari komputer.
c. Fungsi ROM
Fungsi umum dari ROM ini digunakan sebagai media penyimpanan Firmware, yaitu perangkat lunak yang berfungsi mengatur hardware tersebut.

14. Modem
a. Sejarah Perkembangan Modem

Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang.

Ia pertama kali menjual produk modem bernama Hayes kepada par penggemar komputer di bulan April 1977, dan kemudian mendirikan perusahaan D.C. Hayes Associates, Inc., yang belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp., pada Januari 1978. Kualitas dan inovasi dari produk Hayes dihasilkan dalam peningkatan kinerja dan pengurangan biaya sehingga mampu memimpin industri dalam Transisi dari modem leased line ke intelligent dial-up modem untuk PC.

Pada saat ia memulai perusahaannya, Hayes telah berpengalaman lebih dari 10 tahun bekerja dengan sistem komputer mulai dari yang besar hingga yang kecil, telekomunikasi, pengembangan produk manufacturing dan elektronika. Selama mengikuti kuliah di Institut Teknologi Georgia, Hayes berpartisipasi dalam program co-operation yang bekerja untuk AT&T Long Lines. Kemudian ia bergabung dengan Financial Data Services dimana ia bekerja pada sistem dengan mikroprosesor 4-bit pertama. Setelah menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Georgia, Hayes kemudian bekerja untuk National Data Corporation, dimana ia mengembangkan sistem berbasis mikrokomputer agar bisa terhubung ke jaringan. Hayes selanjutnya mengikuti kuliah di School of Management and Strategic Studies di Western Behavior Science Institute.

Perusahaan D.C. Hayes Associates bermula didirikan di rumah Hayes, dimana ia memulainya dengan investasi sebesar $5.000; dan kemudian melejit menjadi perusahaan yang memimpin didunia industri TI. Produk pertamanya adalah modem board untuk bus s-100 dan kemudian untuk komputer Apple II. Memecahkan masalah antar-muka (interface) sehingga memungkinkan komputer-komputer menggunakan sebuah port serial standar untuk mengendalikan fungsi-fungsi modem melalui perangkat lunak, ia menemukan command set untuk Hayes Standard AT yang pertama kali diperkenalkan untuk modem PC di bulan Juni 1981.

Selanjutnya produk Hayes, SmartModem dengan cepat menjadi standar yang dengan kompatibilitas modem telah diukur dengan seksama, sehingga perusahaan kemudian mulai berkembang dengan cepat. Selama lebih dari 20 tahun menjabat sebagai Chairman di Hayes Corp., ia memimpin perusahaannya sebagai seorang visioner yang melihat kesempatan emas untuk mengembangkan alat komunikasi PC dan virtual workplace.

Setelah dengan sukses mengarahkan perusahaan melakukan sebuah merger, yang akhirnya menghasilkan sebuah perusahaan baru yang memiliki kebijakan menjadi perusahaan publik dari Hayes Corporation menjadi Dennis C., Hayes kemudian memutuskan untuk pension sebagai Chairman pada akhir tahun 1998, untuk kemudian melanjutkan ketertarikannya pada industri yang lain, diantaranya pad Association of Online Professionals.

Di Spartanburg, South Carolina, Hayes juga aktif dalam komunitas sosial asisoasi industri lain. Ia pernah menjabat sebagai pendiri dan salah-satu ketua Public Policy Committee of CompTIA, The Computing Technology Industry Association, Founding Chairman dari Georgia High Tech Alliance, dan mendirikan Board Member of the Georgia Center for Advanced Telecommunication Technology. Hayes adalah salah satu dari 4 orang yang termasuk dalam Georgia’s Technology Hall of Fame. Ia sekarang masih menjabat sebagai Chairman di Association of Online Professionals, yang merger dengan US Internet Industry Association.
Seiring dengan perjalanan waktu maka perkembangan teknologi modem terus mengalami peningkatan dari yang menggunakan teknik modulasi paling sederhana hingga pada teknik modulasi yang canggih. Perjalanan sejarah modem diawali dengan munculnya modem berkecepatan 300 bps kemudian terus meningkat hingga 56,4 Kbps.
b. Macam Macam Modem
Berdasarkan jaringan atau media salurannya modem terdiri dari dua jenis, yaitu :

·         Modem kabel , merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon.
Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).
·         Modem CDMA
·         Modem GSM
·         Modem wireless, Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.
·         Modem 3GP
c. Fungsi Modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup
bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.

15. Headphone
a. Sejarah Headphone
Headphone adalah perangkat pelengkap suara yang banyak disukai orang, Perangkat ini mulai digunakan pada awal abad ke-20, tapi teknologinya terus berkembang sampai sekarang. Penggunaanya pun bukan hanya sebatas untuk mendengarkan musik meski ada kontroversi karena dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Namun, dengan adanya alat ini, sekarang kita dapat mendengarkan musik atau lainnya dengan kualitas bagus, tanpa harus menggangu orang lain disekitar. 

Berbagai headphone diciptakan dengan teknologinya. Dari yang berbentuk kecil hanya menempel di lobang telinga (earphone) sampai tanpa kabel dengan teknologi Bluetooth. Para gamers pun berterima kasih dengan hadirnya headphone. Sekarang, mereka bisa nikmat bermain dan bisa berbicara dengan gamers lainnya karena adanya kelengkapan microphone pada headphone.

Earphone atau headphone dapat memberikan kualitas suara yang bagus dan meminimalisir suara-suara luar. Apalagi kalau yang harganya mahal, gangguan suara dari luar akan bisa diredam sama sekali. Berbeda dengan earphone atau headphone di awal abad ke-20 saat amplifier belum ditemukan. Hanya headphone sensitif yang bisa mendengarkan signal audio. 

b. Macam-macam Jenis Headphone
Dari ukuran headphone bisa dibagi menjadi:
  1. Full Size Over Ear Headphone
    Adalah Headphone yang ketika dipakai, Padnya menutupi dan melingkari telinga.

  2. On Ear Headphone
    Adalah Headphone yang ketika dipakai, Padnya menduduki daun telinga.
Dari segi design headphone bisa dibagi menjadi:
1.      Open Headphone
Penutup driver dari tipe open headphone terbuka jadi suara dari luar bisa masuk. Penutup drivernya biasanya berbahan mesh yang berlubang-lubang.
2.      Closed Headphone
Penutup driver headphone closed bersifat tertutup, menutup dengan rapat driver headphone..
3.      Semi Open Headphone
Hampir sama dengan closed headphone, namun masih memiliki ventilasi/celah di sebagian penutup drivernya. Isolasi baik kedalam maupun keluar masih mendekati open headphone.
16. VGA
a. Sejarah Perkembangan VGA

Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis: prosesor, memori, dan kartu VGA. VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer analog. VGA juga bisa diartikan sebagai komponen yang tugasnya menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International Bushiness Machines Corporation) disingakat menjadi IBM.

NYSE : IBM adalah salah satu perusahaan AS yang membuat/memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada 15 Juli 1911 dan beroprasi pada tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, AS.

- VGA On Boarg
- VGA Add On ( Bukan On board)

VGA onboard adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi. Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya. Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981 nyaris semua PC mempunyai memori terpisah untuk frame buffer, yaitu block memori dimana gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan masalah bagi sistem yang memiliki video
monochrome bebasis karakter. Karena frame buffer yang diperlukan hanya 2 KB. Tetapi GUI (Graphical User Interface) yang berbasis modern yang memerlukan layar bit mapped yang bersolusi tinggi dan warna sejati sangat rakus memori.Layar beresolusi 640 x 480 pixel dengan warna 8 bit meminta frame buffer sebesar 300 KB, sementara layar beresolusi 1024 x 768 pixel dengan warna 24 bit memerlukan memori sebesar 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated , berukuran tetap. Tidak perduli mode layar yang sedang digunakan frame buffer harus mampu mengakomodasi resolusi paling tinggi dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya. Software tidak bisa memanfaatkan memori sisa dari frame buffer walaupun yang digunakan adalah resolusi rendah dan 16 warna. Ini penyebabnya oleh cara pemaketan Video dan konfigurasinya dalam sub sistem grafis yang khusus. Dengan demikian, ber- Mega-mega byte memori tersia-siakan. UMA (Unified Memori Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.


VGA Add On / bukan onboard (dengan kartu VGA)
Sejak sistem PC IBM pertama, didalam komputer pasti ada unit kartu grafis, entah itu CGA, EGA, MCGA, VGA, atau yang lain. Dengan menggunakan kartu VGA bukan onboard maka akan didapatkan kinerja yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan UMA (Unified Memori Architecture). Jika dulu sebuah kartu grafis 8 bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, maka sekarang tidak lagi. Kebutuhan minimal untuk komputer multimedia adalah kartu grafik 64 bit dengan memori 1 MB.
b. Jenis JenisVGA
  •  VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut:


  •  VGA Jenis AGP, awal dibuatnya vga agp, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis agp, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah, berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya:
  •  VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express:
c. Fungsi VGA
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
17. Scanner
Scanner merupakan salah satu perangkat input komputer. Scanner merupakan alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, maupun gambar dari objek yang discan tersebut dan dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks.
Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.
Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley  lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scnner baru dengan teknologi berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai Company seperti yang disebutkan di atas.
Pengertian Scanner
Suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan komputer sebagai data digital Data yang telah diambil dengan scanner itu , bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer computer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

b. Fungsi Scanner
Fungsi Scanner adalah membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga dengan Fungsi Scanner Komputer. Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data. Jadi jika anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan menghasilkan gambar itu sendiri.
c. Jenis-jenis Scanner
Berdasar manfaat dan cara penggunaannya, scanner dapat dibagi menjadi beberapa jenis :
  1. Flatbed Scanner
    Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dijumpai, karena harganya relatif paling murah, cocok untuk penggunaan pribadi.

  2. Automatic Document Feeder
    Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan.
  3. Andheld
    Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya.

  4. Scanner Drum
    Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar.


0 comments:

Post a Comment